Belajar & Sharing Informasi Seorang Administrasi Fakultas Kedokteran UNISSULA

Perempuan Tangguh Pemadam Karhutla


 Gambar Sumarni perempuan Dayak Kalimantan turut aktif memadamkan kebakaran


Gambar kebakaran hutan membuat jarak pandang di jembatan banyuasin sangat pendek

Sumarni dan Sola adalah dua di antara sekian banyak relawan perempuan yang turun ke tengah bara api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan. Dorongan untuk terjun langsung membantu proses pemadaman itu bersifat naluriah bagi Sumarni Laman. "Selama ratusan tahun kami menjaga hutan kami, hutan Kalimantan," ujar perempuan berusia 23 tahun itu saat rehat di atas lahan gambut yang hangus di perbatasan Kota Palangkaraya dan Kabupaten Pulang Pisau,
"We are the guardians of the forests (Kami adalah para penjaga hutan)," tambahnya. Sumarni yang asli suku Dayak memang lahir dan tumbuh di Kalimantan Tengah. Ia tak pernah membayangkan harus menyemprotkan ribuan liter air ke hektare demi hektare lahan yang membara di 'rumah'nya sendiri, demi bisa bernapas lega. "Banyak banget terjadi kebakaran, jadi untuk membantu memadamkan api, kami juga turun langsung," imbuhnya.

Sebelumnya, Sola dan relawan lain dari lembaga swadaya masyarakat yang berpusat di Belanda itu sudah diberi pelatihan khusus untuk bisa bergabung dengan Tim Cegah Api Karhutla. "Kita dilatih sama teman-teman dari Rusia, pelatih dari Rusia. Kita diajarin bagaimana teknik (pemadaman)nya," ungkapnya. Setelah tiba persis beberapa meter dari asap yang mengepul tebal, Sola dan teman-temannya - dibantu sejumlah tentara - mulai memasang dan menyalakan mesin pompa air untuk menyedot air tanah dari sumur galian terdekat.

"Aku puas sama diriku sendiri. Kita perempuan, kita bisa melakukan apapun," ungkapnya. Sola juga meminta semua orang untuk benar-benar memahami arti hutan bagi manusia. Ia menuntut siapapun untuk tidak bersikap egois. "Bukan cuma saat ini kita butuh hutan. Dua tahun, lima tahun, 10 tahun, bahkan nanti ratusan tahun (lagi) kita butuh hutan. Bukan untuk kita, bukan cuma kita yang menikmati. "Bukan saat generasi kita selesai, semua orang akan mati. Nggak. Tapi masih ada anak-cucu kita yang akan mewarisi bumi," pungkasnya.


Gambar Sola perempuan tangguh lainya pemadam kebakaran hutan


Tag : Inspiratif
0 Komentar untuk "Perempuan Tangguh Pemadam Karhutla "

Back To Top